masjid raya rawang

MRR

Rawang adalah kecamatan yang terletak ditengah2 klota sungai penuh,yang juga kec.yang banyak budayanya.
Diantara budaya2 rawang:
-rentak kudo.
-lagu yang begitu indah
-seni bangun masjid yang megah
-dan ukiran tabuh yang mempesona!
Rawang dikenal juga dengan 3 dili 4 tanah rawang,3 mudik 4 tanah rawang,dan juga rawang sering disebut dengan nama dusun delapan karena dahulunya rawang terdiri dari 8 desa.yaitu:
-koto dian
-koto beringin
-maliki air
-kampung dalam
-larik kemahan
-kampung diilir
-dusun diilir
-koto teluk.
Rawang selalu erat kaitannya dengan gotong royong karena masyarakatnya selalu bersama-sama dalam segala hal,dan juga dikenal dengan sebutan dusu kenyaho batuah.
Budaya rawang yng sangat terkenal daalah rentak kudo bahkan sampai keluar negeri.kebudayaan masyarakat yang masih kental daoat dirasa di daerah ini.semua orangnya ramah-tamah dan bermasyarakat.
Konon katanya masjid raya rawang dibangun dengan hanya dengan kayu n tiang2 penyangga tengahnya melambangkan desa-desa dirawang.dan bahkan tabuh yang berada di desa kampong dalam dibuat dengan cara gotong royong.
Itulah sebabnya rawang dikenal bengan desa gotong royong.
Disamping itu ada mitos mengatakan bahawa pernah ada kanyaho yang bertuah,di pohin kanyaho tyersebut terdapat ayam dan anjing hitam,apabila ayam berkokok maka akan tiba kemasyhuran pad desa rawang dan apabila anjing yang menggogong maka akan tiba bencana dideas rawang.kanyaho batuah pun musnah karena terbakar ole api,yang kala itu terjadi gempa.samapi sekarang kanyaho batuah masih dipercaya masyarakat rawang.