KATA PENGANTAR

Pertama-tam mrilah kit pnjatkan kehadirat ALLAH SWT,yang mana Dia telah memmberikan kita nikmat kesehatan sehingga kita mampu menyelesaikan RESENSI buku non fiksi ini.Tida lupa pula shalawat beriring salam kita hadiahkan untuk nabi kita Muhammad SAW karena Beliau telah membawa kit dar zaman kebodohan kezaman yng penuh dengan ilmu pengetahuan seperti saat hari ini.

Tugas resensi ini dibuat untuk memenuhi tugas bahasa indonesia, sebagai manusia biasa mungkin dalam penulisan resensi kami memiliki banyak kesalahan, namun penulis berharap  tugas ini dapat memberikan pengetahuan bgi pembaca dan berguna dalam pengembangan pelajaran bahasa indonesia.

Sungai Penuh,22 november 2010

PENULIS

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Resensi ini dibuat untuk memenuhi tugas bahasa indonesia,agar siswa-siswa memahami dan mengerti cara membuat RESENSI dan apa itu resensi.

Resensi merupakan penilaian atau pembahasan suatu buku,maka adanya cara pembuatan resensi ini,maka siswa dapat menilai suatu buku apakah buku itu layak untuk dibaca oleh umum atau tidak.

1.2 TUJUAN

Resensi ini dibuat untuk membantu pembelajaran, serta melengkapi pematerian tentang resensi. Dengan tersusunnya resensi ini, supaya kita semua akan lebih banyak tahu hal-hal yang berkaitan dengan resensi.

Penulis mengambil buku yang berjudul HATTA bertujuan untuk memberi penilaian terhadap buku tersebut tentang kelayakan untuk di publikasikan.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………….

DAFTAR ISI …………………………………………………………

PENDAHULUAN ……………………………………………………

-LATAR BELAKANG ……………………………………….

-TUJUAN …………………………………………………….

RESENSI BUKU NON FIKSI

Bung Hatta …………….

PENUTUP ……………………………………………………………

-TUJUAN

-KRITIK DAN SARAN

-DAFTAR PUSTAKA

BAB 2

PEMBAHASAN

RESENSI BUKU NON FIKSI

HATTA

Judul : Hatta
Seri TEMPO : Seri Bapak Bangsa
ISBN / EAN 9789799102676 / 9789799102676
Tim Penulis : Buku Tempo
Penerbit : Gramedia Populer kepustakaan (KPG)
Publikasikan : 7 September 2010
Halaman :192
Berat : 200 gram
Dimensi (mm) :160 x 230
Tag : Biografi dan Otobiografi

Sekiranya masih hidup dan diminta memerikan situasi Republik Indonesia di awal abad ke-21, Mohammad Hatta hanya perlu mencetak-ulang tulisannya yang pernah terbit pada 1962: “Pembangunan tak berjalan sebagaimana semestinya…. Perkembangan demokrasi pun telantar karena percekcokan politik senantiasa. Pelaksanaan otonomi daerah terlalu lamban sehingga memicu pergolakan daerah.”

Buku ini memaparkan sepak-terjang Mohammad Hatta, salah seorang Bapak Bangsa Indonesia dari pemikiran sampai ke asmara. Isi buku ini pernah dilaporkan dalam edisi khusus Majalah Berita Mingguan TEMPO sepanjang 2001-2009. Jauh di masa hidupnya, Hatta telah menerawang pahit-getir perjalanan Republik Indonesia sehingga sering disebut “melampui zaman”.

Menurut Mohammad Hatta, demokrasi dapat berkalan baik jika ada rasa tanggung jawab dan toleransi di kalangan pemimpin politik. Sebaliknya, menurut dia, “Perkembangan politik yang berakhir dengan kekacauan, demokrasi yang berakhir dengan anarki, membuka jalan untuk lawannya: diktaktor

Bung Hatta,mungkin banyak di antara kita yang mengenal sosok beliau.sungguh menarik ketika kita membaca buku biografi bung hatta.anda akan merasakan kehidupan beliau ketika menjadi wapres dan kuliah di negeri belanda.sosok yang di jadikan ikon  perjuangan anti korupsi di indonesia ini menjadikan kita rindu akan sosok beliau,pemimpin yang jujur dan mementingkan kepentingan rakyatnya.

Buku ini memaparkan sepak-terjang Mohammad Hatta, salah seorang Bapak Bangsa Indonesia dari pemikiran sampai ke asmara. buku ini dapat menjadi tambahan pembelajaran tentang seorang pahalwan yang sangat kurang di bangku sekolah.karena pada setiap diri pahlawan memiliki nilai – nilai yang dapat dijadikan pembelajaran bagi banyak orang

Tim buku tempo telah banyak mengeluarkan buku-buku bacaan tentang para pejuang bangsa,sehingga masyarakat indonesia lebih memahami tentang perjuangan para pahlawan.

BAB 3

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

Buku ini banyak memberi pemahaman kepada kita tentang bung hatta.

3.2 SARAN

Dengan begitu banyak kelebihan didalam buku ini, maka buku ini sungguh layak untuk di publikasikan. Serta untuk penulis atau pengarang buku ini, supaya lebih sukses dan maju maka untuk membuat buku selanjutnya agar dapat memperhatikan kata-kata yang digunakan juga agar dapat mengeluarkan buku seperti ini juga untuk para pelajar SMA.

Kami berharap kepada pengarang agar dapat mendengar saran dari kami agar mengeluarkan buku-buku selanjutnya juga lebih bagus dari buku-buku sebelumnya.

RESENSI

BUKU NON FIKSI

“Bung Hatta”

D

I

S

U

S

U

N

O L E H

ROKI MIRZA

XII ia U

Guru pembimbing :

Dra Yuliarti

Dinas pendidikan,olah raga dan kebudayaan Sungai Penuh

Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sungai Penuh.

DAFTAR PUSTAKA

Tim buku Tempo.2010.Hatta.Jakarta:tempo